SosialTabanan

Relawan Semut Tabanan Tebar 1 Ton Benih Ikan di Lima Desa

TABANAN, DINAMIKAPOLITIK.com – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Relawan Semeton Mulyadi (Semut) Tabanan melaksanakan kegiatan penebaran benih ikan di sungai pada Sabtu (1/6/2024).

Penebaran benih ikan ini dilakukan di lima titik berbeda, yaitu Desa Nyitdah di Kecamatan Kediri, Desa Bongan di Kecamatan Tabanan, Desa Kerambitan dan Desa Kukuh di Kecamatan Kerambitan, serta Desa Tangguntiti di Kecamatan Selemadeg Timur.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bakal Calon Bupati Tabanan yang juga Ketua PAC Kediri, I Nyoman Mulyadi, bersama Ketua Relawan Semut, I Nyoman Ardika yang akrab disapa Sengap, serta diikuti oleh anggota relawan Semut dan masyarakat setempat.

Jenis ikan yang ditebar adalah ikan nila dengan total berat mencapai 1 ton yang disebar di kelima titik tersebut. Sengap menjelaskan, tujuan dari penebaran ikan ini adalah untuk memperingati Hari Lahir Pancasila dan sekaligus mengimplementasikan sila pertama dan kedua.

“Sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, maka semua makhluk ciptaan Tuhan harus dijaga bersama-sama. Sila kedua, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, jadi tidak ada istilah hanya di satu wilayah saja tetapi semua wilayah di Kabupaten Tabanan akan disasar untuk dilakukan penebaran ikan,” ungkap Sengap di sela-sela acara penebaran ikan di Desa Kerambitan.

Lebih lanjut, Sengap menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan respon pasca diselenggarakannya forum internasional sektor air atau World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. “Tentunya kita juga harus merawat air dengan cara menebar ikan agar hidup di ekosistemnya yang benar,” ujarnya.

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat menjadi teladan yang bisa ditiru oleh masyarakat sebagai bentuk melestarikan makhluk hidup serta lingkungannya. “Kami relawan Semut melalui kegiatan ini berharap bisa menjadi ‘ketok tular’ bagi masyarakat, untuk bisa merawat makhluk hidup. Jangan hanya memancing ikan saja, tetapi harus bisa dikembangkan dari bibit,” imbuh Sengap.

Setelah sukses melakukan penebaran benih ikan di lima titik tersebut, Relawan Semut berencana untuk melanjutkan kegiatan serupa di wilayah lain seperti Kecamatan Selemadeg, Selemadeg Barat, Pupuan, Baturiti, Penebel, dan Marga.

Dengan semangat Pancasila dan kecintaan terhadap lingkungan, Relawan Semut Tabanan berharap kegiatan ini dapat berkontribusi positif bagi kelestarian ekosistem perairan di Kabupaten Tabanan.[*dp]

 

 

 

Berita Terkait

Back to top button