SosialTabanan

Antusias Tinggi Warga Perumnas Sanggulan Berqurban di Hari Raya Idul Adha

Bagikan 2.000 Bungkus Daging Qurban Kepada Warga Muslim di Sanggulan

TABANAN, Dinamikapolitik.com – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Al Muhajirin, Sanggulan, Banjar Anyar, Kediri Tabanan melaksanakan pemotongan hewan Qurban di Hari Raya Idul Adha, Senin 17 Juni 2024.

Tampak dari Rukun Warga Muslim (RWM) Perumnas Bukit Sanggulan Indah (BSI), tumpah ruah dan penuh antusias melakukan pemeotongan hewan Qurban. Berupa sapi sejumlah 15 ekor dan kambing 36 ekor.

Ketua RWM Perumnas BSI Purwoko mengatakan jumlah hewan potong Qurban tahun ini jauh meningkat dibanding tahun lalu. Saat Idul Adha tahun 2023 lalu, hewan Qurban yang dipotong sapi sejumlah 12 ekor dan kambing 22 ekor.

Sedangkan jumlah sapi yang dipotong tahun ini meningkat tiga ekor dan kambing meningkat 14 ekor.

“Jadi sapi berjumlah 15 ekor dan kambing 14 ekor. Sapi dan Kambing hasil Qurban dari sejumlah warga Sanggulan dan sumbangan dari luar,” ungkap Purwoko, Senin kemarin.

Menurut Purwoko, warga muslim yang tinggal di Perumnas Sanggulan semangat berkurban di hari Idul Adha memang cukup tinggi. Baik pada saat pandemi Covid-19 maupun setelah Covid-19 berlalu.

Ada Covid maupun tidak semangat berqurban warga muslim di sini memang lumayan tinggi.

“Atas nama RWM Perumnas dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Al Muhajirin, kami menyampaikan terima kasih kepada warga yang telah berkurban,” ,” katanya di sela-sela kegiatan pemotongan hewan Qurban yang dilaksanakan di lapangan belakang Masjid Al Muhajirin.

Purwoko menambahkan, selain hewan Qurban dari warga pihaknya juga menerima hewan Qurban dari luar Perumnas di antaranya dari Baznas dan Bupati Tabanan masing-masing berupa seekor kambing.

Disisi lain Ketua PHBI Masjid Al Muhajirin Jayin menambahkan dari hewan Qurban sapi dan kambing yang dipotong terkumpul lebih dari 2.000 bungkus yang dibagikan kepada warga muslim di Perumnas BSI dan sekitarnya serta kepada saudara non muslim, utamanya para tokoh masyarakat yang ada di Perumnas BSI dan sekitarnya serta yang tinggal di sekitar Masjid Al Muhajirin.

“Selain kepada umat Islam, daging Qurban juga ada yang kami bagikan kepada saudara non muslim serta warga muslim yang ada di luar Perumnas BSI,” ungkapnya.

Dalam kegiatan pemotongan hewan Qurban kali ini PHBI Masjid Al Muhajirin membentuk panitia Qurban sejumlah 280 orang yang terdiri dari kaum bapak, ibu dan remaja masjid. Bidang kepanitian terdiri dari bidang penyembelihan, pembersihan jeroan, pemotongan daging, penimbangan, pengantaran daging dan bidang konsumsi yang ditangani oleh ibu-ibu.

“Alhamdulillah, pekerjaan pemotongan hewan Qurban yang dilakukan seusai sholat Idul Adha bisa diselesaikan secara tuntas sebelum Ashar,” pungkasnya. (JLD/DN)

Berita Terkait

Back to top button