PolitikTabanan

Sosialisasi Pemilu 2024 KPU Tabanan: Ajakan Pemilih Cerdas, Berhati-hati Terhadap Money Politik

TABANAN, DINAMIKAPOLITIK.com – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada 14 Pebruari mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan terus gencar menyosialisasikan tema “Pemilih Cerdas Pemilu Berkualitas.” Sosialisasi ini berlangsung di Wantilan Desa Adat Kukuh, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan pada Kamis (18/1) sore.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk forkompimcam Marga, Majelis Alitan Kecamatan Marga, Ketua PHDI Marga, Bendesa Adat, Perbekel se-Kecamatan Marga, Ketua PPK Kecamatan Marga, Ketua Panwascam Kecamatan Marga, dan sejumlah perwakilan siswa serta sekehe teruna. Sosialisasi dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Tabanan, yang diwakili oleh Komisioner KPU Kabupaten Tabanan
Divisi Sosialisasi, Ni Putu Suaryani, yang juga menjadi narasumber mengajak seluruh tokoh dan komponen masyarakat untuk turut serta mensosialisasikan Pemilu 2024 kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal masing-masing. Ia menekankan pentingnya peran aktif semua pihak dalam mensukseskan pemilu dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Mari kita bersama-sama mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan benar saat berlangsungnya Pemilu 2024. Jangan ada yang golput atau tidak memilih sama sekali sehingga pemilu yang berkualitas, khususnya di Tabanan, dapat kita capai,” ujar Ni Putu Suaryani.

Suaryani juga memberikan informasi terkait dengan jumlah calon DPD yang akan dipilih di Provinsi Bali, yakni sebanyak 17 calon, serta penunjukan surat suara untuk masing-masing tingkatan pemilihan. Ia menekankan agar masyarakat berhati-hati terhadap Money Politik atau serangan fajar yang sering terjadi menjelang Pemilu.

“Apabila ada kejadian seperti itu, hendaknya segera dilaporkan kepada pihak Panwascam atau Bawaslu agar cepat diambil tindakan tegas. Hal tersebut melanggar ketentuan Pemilu dan melanggar hukum, serta mencoreng pelaksanaan pemilu yang luber, jurdil, dan bersih,” tegas Suaryani.

Sosialisasi ini juga memberikan perhatian khusus kepada pemilih pemula atau pemuda, serta masyarakat yang baru pindah KTP. Suaryani mengajak mereka untuk memeriksa Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui aplikasi dptonline.KPU.go.id. Ia juga menginformasikan tata cara pemilihan serta memberikan penjelasan mengenai warna surat suara untuk setiap tingkatan pemilihan.

Sebagai langkah tambahan, Ni Putu Suaryani menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Tabanan akan melaksanakan Sosialisasi Keliling ke seluruh kabupaten dengan menggunakan toa/mikropon, menjelang pelaksanaan pemilu 2024. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan memastikan kelancaran pelaksanaan pemilu di daerah tersebut.[*dp]

Berita Terkait

Back to top button