BirokrasiBuleleng

Pj Gubernur Mahendra Jaya Resmikan MPP Buleleng: Transformasi Mengubah Stigma Negatif

BULELENG, DINAMIKAPOLITIK.com – Penjabat (Pj) Gubernur Bali, SM Mahendra Jaya, secara resmi meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Buleleng dengan penuh apresiasi terhadap upaya menuju pelayanan terbaik bagi masyarakat. Pembukaan MPP ini dilakukan pada Jumat (8/12) pagi di lantai III Pasar Banyuasri, Kota Singaraja, Buleleng.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Mahendra Jaya menyatakan bahwa berdirinya MPP Buleleng sejalan dengan arahan Presiden terkait reformasi birokrasi. Presiden mendorong penyederhanaan prosedur dan tata kelola, khususnya dalam tata laksana pelayanan publik dan perizinan. “Sistem satu pintu ini tidak hanya membuat layanan prima, efisien, dan cepat, tetapi juga mengurangi risiko penyelewengan dalam layanan publik,” ujar Mahendra Jaya.

Pj. Gubernur Bali juga berharap bahwa MPP ini dapat berjalan konsisten dan menjadi pilihan utama masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik. “Para pegawai diharapkan berkomitmen melaksanakan tugas, melakukan kerja sama yang baik, sistem terintegrasi, dan menjaga kualitas pelayanan yang ramah, cepat, dan tepat,” tambahnya.

Mahendra Jaya menyoroti pentingnya merubah stigma negatif terkait alur pelayanan publik yang sering diidentikkan dengan proses berbelit-belit dan memerlukan waktu yang panjang. Dia mengapresiasi upaya Buleleng dalam merubah stigma tersebut, mengatakan, “Hari ini adalah langkah nyata dalam transformasi pelayanan publik di Kabupaten Buleleng.”tegasnya.

Pj. Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana, menekankan bahwa keberadaan MPP yang terintegrasi dengan Pasar Banyuasri diharapkan dapat menjadi pusat perekonomian di kawasan Kota Singaraja dan Buleleng pada umumnya. Dia juga menyatakan komitmen untuk mengembangkan MPP menjadi MPP digital dan MPP mobile, memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik di Kabupaten Buleleng.

MPP Buleleng telah dilengkapi dengan 152 layanan dari 18 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik vertikal maupun horizontal, termasuk pembuatan paspor, samsat, hingga layanan untuk kaum disabilitas. Setelah meresmikan, Pj. Gubernur Mahendra Jaya meninjau langsung setiap loket pelayanan publik di lokasi.

Turut hadir dalam acara peresmian ini Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Sekda Kabupaten Buleleng, Forkopimda Buleleng, Kepala Kepolisian Resor Buleleng, Kepala Kejaksaan Negeri Buleleng, Ketua Pengadilan Negeri Singaraja, Rektor/Ketua Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Kabupaten Buleleng, Camat se-Kabupaten Buleleng serta Pimpinan OPD dan BUMD lingkup Pemkab Buleleng.[*dp]

 

 

 

Berita Terkait

Back to top button