CeremonialTabanan

Bupati Tabanan Dukung Pujawali Jelih di Desa Adat Munduk Bun

TABANAN, DINAMIKAPOLITIK.com – Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya terus menunjukkan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan dalam memberikan dukungan kepada masyarakat di berbagai bidang kehidupan. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah melalui kehadirannya pada upacara Pujawali Jelih di Pura Kahyangan Puseh Desa Adat Munduk Bun, Kecamatan Penebel, Tabanan, pada Selasa (9/1).

Bupati Sanjaya turut mengajak Sekda, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, para Kepala Bagian, Camat, unsur Forkopimcam Penebel, Perbekel, Bendesa Adat, dan tokoh masyarakat setempat. Masyarakat Desa Adat Munduk Bun menyambut kehadiran Sanjaya dan rombongan dengan penuh antusias.

Upacara Pujawali, dilaksanakan pada Anggara Kasih Wuku Kulantir, disebut sebagai odalan jelih karena bertepatan dengan hari suci Siwalatri. Acara ini melibatkan gotong-royong seluruh krama Adat Desa Munduk Bun yang berjumlah 60 KK. Setiap KK memberikan urunan sebesar 200 ribu rupiah, dengan total biaya pelaksanaan upacara mencapai sekitar 25 juta rupiah. Pemerintah juga memberikan BKK (Bantuan Keuangan Khusus) untuk mendukung keberlangsungan upacara.

Usai persembahyangan bersama, Bupati Sanjaya memberikan apresiasi kepada Perbekel, Bendesa Adat, dan masyarakat Desa Adat Munduk Bun yang telah berkontribusi dalam membangun Desa Sangketan. Dalam sambutannya, Sanjaya menyampaikan harapannya agar upacara Dewa Yadnya yang agung ini terwujud labda karya dan sida sidaning don.

Bupati Sanjaya menegaskan bahwa kehadirannya adalah wujud komitmen pemerintah dalam pelestarian adat, tradisi, seni, dan budaya di dalam kehidupan masyarakat. Ia menjelaskan bahwa pemerintah tidak hanya hadir sebagai Ngupasaksi Upacara, melainkan juga sebagai penyerap aspirasi masyarakat. Sanjaya menyoroti kebutuhan infrastruktur seperti tembok pagar, bale kulkul, bale banjar, dan lainnya yang perlu dibantu.

Masyarakat Desa Adat Munduk Bun diapresiasi oleh Bupati Sanjaya karena sudah kompak bersatu, gotong-royong membangun daerah mereka. Sanjaya berharap agar kekompakan ini dapat terus terjaga, dengan tekankan pada paduraksa, rasa saling asah, asih, dan asuh. Ia mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tabanan juga turut berperan serta membantu masyarakat meringankan beban, terutama dalam membangun yadnya.

Sebagai perwakilan masyarakat, I Gede Artana Yasa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati atas dukungan yang diberikan terhadap program-program Pemerintah Kabupaten Tabanan. Ia berharap agar Bupati tetap berpartisipasi dan mengembangkan program-program yang telah diajukan oleh beberapa masyarakat. Artana menekankan harapannya agar program-program tersebut dapat diatensi dan direalisasikan.

Bupati Sanjaya menanggapi harapan masyarakat dengan memberikan dukungan Pemerintah Kabupaten Tabanan terhadap program-program pembangunan. Ia berjanji untuk melanjutkan program-program yang telah berjalan dengan baik dan terus memberikan kontribusi untuk meringankan beban peson-peson masyarakat.[*dp]

Berita Terkait

Back to top button