DenpasarHukum & Kriminal

PJ Gubernur Bali Terima Sertifikat Penghargaan dari KPK

"Bali Raih Prestasi Terbaik se-Indonesia: Nilai MCP Tertinggi dalam Hakordia 2023"

DENPASAR, DINAMIKAPOLITIK.com – Provinsi Bali kembali menorehkan prestasi gemilang dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi. Pada Kamis (21/12), Penghargaan tertinggi dalam koordinasi dan supervisi pemberantasan tindak pidana korupsi tahun 2023 diberikan kepada Provinsi Bali sebagai Pemerintah Provinsi terbaik dalam Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi bidang Pencegahan. Capaian Monitoring Center for Prevention (MCP) Provinsi Bali mencapai 96 poin dalam periode 1 Januari hingga 20 November 2023.

Penghargaan tersebut secara resmi diterima oleh Penjabat (Pj.) Gubernur Bali, SM Mahendra Jaya, dalam sebuah acara yang diadakan di Gedung Jayasabha-Denpasar. Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah V KPK RI, Budi Waluya, secara langsung menyerahkan penghargaan tersebut kepada Pj. Gubernur Bali.

MCP merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memantau capaian kinerja program pencegahan korupsi melalui perbaikan tata kelola pemerintahan. Dalam penilaian, Provinsi Bali unggul dan berada di atas Provinsi Jawa Barat yang menduduki posisi kedua dengan total 95,94 poin, dan Provinsi DKI Jakarta di posisi ketiga dengan poin 95,75.

Prestasi sebagai Pemerintah Provinsi terbaik ini menjadi kelanjutan dari pencapaian serupa yang diraih Provinsi Bali pada Hakordia 2022. Pada tahun tersebut, KPK juga memberikan penghargaan tertinggi sebagai apresiasi kepada pemerintah daerah atau lembaga yang berhasil meraih capaian indeks pencegahan korupsi tertinggi tahun 2022.

Pada acara penerimaan penghargaan ini, PJ. Gubernur Bali, SM Mahendra Jaya, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas pendampingan yang telah dilakukan oleh KPK melalui MCP. SM Mahendra Jaya juga meminta KPK untuk terus memberikan pendampingan agar Provinsi Bali dapat mempertahankan prestasi tersebut. Mahendra Jaya berkomitmen untuk terus berupaya mencegah dan memberantas korupsi di Provinsi Bali
Pada momentum tersebut, juga hadir Bupati Badung Giri Prasta dan Wali Kota Denpasar Jaya Negara yang juga menerima penghargaan Kabupaten Terbaik dalam MCP periode 1 Januari – 20 November 2023. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Sekda Kota Denpasar dan Sekda Kabupaten Badung, Inspektur Provinsi Bali, Inspektur Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.[*dp]

Berita Terkait

Back to top button