BirokrasiGianyar

Ny. Ida Mahendra Jaya Dorong Gerakan Penanaman Cabai di Bali:

"Mendorong Ketahanan Pangan dan Kesejahteraan Masyarakat"

GIANYAR, DINAMIKAPOLITIK.com – Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Drg. Ida Mahendra Jaya, menunjukkan komitmennya dalam mendukung gerakan penanaman cabai di Pulau Bali, Kamis (30/11), Ny. Ida Mahendra melakukan peninjauan lapangan dan ikut serta dalam penanaman cabai di Puspa Aman, Desa Sukawati, Gianyar. Didampingi oleh Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Bali Anom Agustina dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Gianyar IGA Dewi, mereka meninjau lahan seluas 40 are yang dikelola oleh Puspa Aman Sukawati.

Selama dialog dengan Tim Puspa Aman, Ny. Ida Mahendra memberikan apresiasi tinggi terhadap upaya TP PKK Kabupaten Gianyar dalam menanam cabai dan tanaman bermanfaat lainnya. Ia mengharapkan kabupaten lain dapat mengikuti langkah Gianyar, mengingat pentingnya cabai sebagai kebutuhan pokok dalam bumbu dapur. Ny. Ida Mahendra menyoroti dampak positif penanaman cabai di tingkat desa atau rumah tangga, yang dapat membantu meredakan kenaikan harga cabai di pasaran dan memberikan manfaat kepada para ibu rumah tangga.

Dalam kelanjutan program yang sama, Ida Mahendra bersama rombongan melanjutkan peninjauan penanaman cabai ke Kabupaten Klungkung. Di sana, Ida Mahendra dan Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ny. Sri Sundari Kasta, mengunjungi dua rumah warga percontohan Hatinya PKK, yaitu rumah Ibu Hartika dan Bapak Hj. Ibrahim di Desa Kampung Gelgel-Klungkung.

Rumah Hatinya PKK Hj. Ibrahim diisi dengan tanaman cabai, terong, seledri, dan pemeliharaan ikan. Ia menyampaikan bahwa program Hatinya PKK memberikan manfaat besar, terutama dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, khususnya kebutuhan dapur. Selain memenuhi kebutuhan rumah tangganya sendiri, ia juga dapat membantu tetangga yang tidak mampu untuk membeli cabai dengan memberikan hasil panen dari tanaman cabe yang ditanam.

Di akhir kunjungannya, Ida Mahendra meninjau Tempat Pembibitan Kebun PKK dan Hatinya PKK Kabupaten Klungkung. Dalam kunjungan ini, Ida Mahendra juga terlibat dalam penanaman beberapa bibit cabe di lahan seluas 30 are yang dimanfaatkan oleh Kabupaten Klungkung. Bibit-bibit ini akan didistribusikan ke semua kecamatan di wilayah Klungkung.

Pada hari yang sama, Ida Mahendra juga menerima kunjungan dari TP PKK Sulawesi Selatan yang turut berpartisipasi dalam penanaman 100 bibit cabai di Halaman Gedung Jayasabha-Denpasar.[*dp]

Berita Terkait

Back to top button