PolitikTabanan

Wujudkan Pemilu Jurdil, Bawaslu Tabanan Gelar Apel Siaga Pengawasan

TABANAN, DINAMKAPOLITIK.com –  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tabanan menyelenggarakan Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 pada Selasa (28/11/2023), dengan tujuan utama mencegah pelanggaran dalam proses demokrasi ini.

Apel Siaga ini dihadiri oleh seluruh Panwaslucam dan Pengawas Kelurahan/Desa se-Kabupaten Tabanan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dalam melakukan pengawasan pada masa kampanye Pemilu 2024.

I Ketut Narta, Ketua Bawaslu Tabanan, dalam arahannya mengajak seluruh jajaran Bawaslu Tabanan, termasuk Panwaslucam dan Pengawas Kelurahan/Desa, untuk mempersiapkan diri secara baik dalam menghadapi masa kampanye. Ia menekankan pentingnya disiplin dan menyatukan semua anggota sebagai satu kesatuan pengawas.

“Teman-teman seluruh Panwaslucam dan PKD, mari kita mendisiplinkan diri dalam melakukan pengawasan di masa kampanye ini. Tidak ada lagi perbedaan jabatan pada masa ini, kita semua adalah Pengawas,” tegas I Ketut Narta.

Ketut Narta juga mengingatkan seluruh anggota Bawaslu Tabanan untuk tetap berada di koridor yang telah ditetapkan, menjaga netralitas, dan memprioritaskan integritas Pemilu yang jujur dan adil.

Selain itu, ia menekankan pentingnya menjaga kesehatan jasmani dan rohani, mengingat Bawaslu Tabanan harus siaga 24 jam untuk mengawal jalannya Pemilu 2024.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Tabanan memperkenalkan kembali Maskot Bawaslu dalam Pemilu 2024, yaitu Wasra dan Wasri. Filosofi di balik sosok burung hantu sebagai maskot adalah kejelian dalam mengenali pelanggaran pemilu, kemampuan menangkap sinyal-sinyal pelanggaran dalam kegelapan, dan kebijaksanaan dalam mengambil langkah saat terdapat pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu.

Acara Apel Siaga ini juga dihadiri oleh Ketua KPU Tabanan, perwakilan Polres Tabanan, Kejati Tabanan, Satpol PP Tabanan, dan Kesbangpol Tabanan, menandakan kerjasama lintas lembaga dalam menjaga integritas dan suksesnya Pemilu 2024 di Kabupaten Tabanan.[*dp]

Berita Terkait

Back to top button